Kyheng’s Blog

Just another WordPress.com weblog

sekolah2000.or.id September 23, 2009

Filed under: Uncategorized — kyheng @ 2:38 pm

Susunan Pemenang Lomba Website SMK Tingkat Nasional Diubah
SMK PGRI 1 Tangerang Turun Peringkat

Tangerang, Senin 30 Oktober 2000

MawanSenin, sekitar pukul 14.00 WIB Panitia Penyelenggara Lomba Website SMK Tingkat Nasional Tahun 2000 meralat keputusan mereka. Padahal sebelumnya (Minggu, 29 Oktober 2000) situs sekolah2000.or.id mengumumkan bahwa SMK PGRI 1 Tangerang (di situ tertulis SMKN 1 Tangerang, kemudian pada hari Senin pagi diralat menjadi SMK PGRI 1 Tangerang) meraih peringkat ke 3. Kami (situs SMK PGRI 1 Tangerang) sempat mengumumkan secara online hasil ini selama beberapa belas jam. Kami bersyukur sekaligus bangga. Ucapan selamat berdatangan, bahkan dari anggota juri. Senin pagi prestasi ini oleh Wakil Kepala Sekolah diumumkan di depan dewan guru dan siswa-siswi pada upacara bendera. Namun Senin siang, terjadi perubahan yang sangat mengejutkan. Umumnya semua pemenang turun 1 tingkat, sehingga SMK PGRI 1 Tangerang yang menduduki peringkat ke 3, terpaksa turun menjadi peringkat harapan 1. Sedangkan pemenang yang semula menduduki peringkat harapan 1, melambung menjadi pemenang peringkat pertama, dan pemenang peringkat ke 2 malah harus puas menjadi harapan ke 2.

Keputusan ini memang harus dihormati. Dewan Juri (Panitia Lomba?) pasti bekerja keras mencari keputusan yang terbaik dan adil. Hanya saja, penurunan peringkat ini sedikitnya menimbulkan rasa kecewa dan malu bagi kami dan beberapa sekolah yang merasa dirugikan atas insiden ini. Pencabutan gelar hanya layak untuk atlet olahraga pemakai doping.

Tahun 1997, APJII bekerja sama dengan Microsoft Indonesia menggelar lomba serupa. Saat itu peserta lomba dibagi ke dalam 2 kelompok, yaitu kategori sekolah dan kategori umum. Saya (yang sekarang menjadi webmaster SMK PGRI 1 Tangerang) meraih juara ke 3 kategori umum. Ketika itu APJII sukses menggelar acara dan profesional dalam bekerja.

Kami yakin, kesalahan ini bukan akibat dari kurangnya komunikasi antar dewan juri, mengingat latar belakang dewan juri tidak perlu diragukan lagi. Mereka profesional dalam bidangnya. Juga bukan karena intervensi pihak luar (yang di jaman reformasi ini sudah tidak boleh ada lagi istilah surat sakti, atau tim jurig bayangan yang merecoki kerja juri asli, atau praktek curang dengan mencantumkan nama-nama tokoh terkenal sebagai juri yang pada prakteknya mereka tidak pernah diajak menilai). Jadi semua ini kami anggap kesilapan saja. Silap ketika menjumlahkan angka, silap ketika menyalin daftar pemenang lomba, atau ada berkas milik seorang juri yang lupa digabungkan nilainya dengan nilai dari juri lain sehingga perlu dilakukan penghitungan ulang. Kami dengan besar hati menerima keputusan ini, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Dewan Juri, Panitia, Sekolah2000, APJII, Dikmenjur, dan seluruh pihak yang dengan susah payah telah mengupayakan berlangsungnya kegiatan ini. Tak lupa kami mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba.

Kepada Bapak Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Tangerang, guru-guru terhormat, siswa-siswi tercinta, dan seluruh pihak yang memberikan simpati kepada kami, kami dengan rendah hati mengucapkan terima kasih serta permohonan maaf, karena kami hanya dapat berprestasi sampai tingkat ini. Semoga di waktu lain kita dapat berprestasi lebih baik lagi. Wassalam.

Mawan A. Nugroho

About these ads
 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.